Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
I.
Idetitas
Mata Pelajaran
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas : VI
Semester : 1
Jumlah Pertemuan
: 2 X 35
II. Kemampuan Dasar
A.
Standar
Kompetensi
2. Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya
B.
Kompetensi
Dasar
2.4 menjelaskan hubungan antara bunga dengan fungsinya.
C.
Indikator
1. Menyebutkan
bagian-bagian bunga
2. Membedakan
jenis bunga jantan
3. Membedakan
jenis bunga betina
4. Membedakan
jenis bunga hermafrodit
5. Menguraikan
fungsi bagian-bagian bunga
6. Memberi
contoh fungsi bunga pada tumbuhan
D.
Tujuan
Pembelajaran
1. Melalui
gambar struktur bunga, siswa dapat menyebutkan bagian-bagian bunga dengan
benar.
2. Melalui
penjelasan, siswa dapat membedakan jenis bunga jantan dengan benar.
3. Melaui
penjelasan, siswa dapat membedakan jenis bunga betina dengan benar.
4. Melalui
penjelasan, siswa dapat membedakan jenis bunga hermafrodit dengan benar.
5. Melalui
penjelasan, siswa dapat menguraikan fungsi bagian bunga dengan tepat.
6. Melaui
penjelasan, siswa dapat memberi contoh fungsi bunga pada tumbuhan dengan tepat.
III.
Materi
1. Struktur
Bunga
a. Kelopak,
umumnya berwarna hijau dan berfungsi menutup bunga di saat masih kuncup.
b. Mahkota,
merupakan bagian bunga yang indah dan berwarna warni
c. Benang
sari dengan serbuk sari sebagai alat kelamin jantan
d. Putik
sebagai alat kelamin betina
e. Dasar
dan tangkai bunga sebagai tempat kedudukan bunga.
Bunga yang memiliki tangkai, kelopak, mahkota, benang sari, putik, dan
dasar bunga disebut bungan sempurna. Jika memiliki semua bagian kecuali putik,
maka disebut bunga jantan. Jika memiliki semua bagian bunga kecuali benang
sari, maka disebut bunga betina. Bunga yang memiliki benang sari dan putik
disebut bunga hermafrodit.
2. Fungsi
Bunga
Fungsi bunga yang utama adalah
mempercantik tumbuhan dan sebagai alat perkembangbiakan generatif.
Perkembangbiakan generatif merupakan perkembanganbiakan yang didahului
pembuahan. Pada tumbuhan berbunga, pembuahan terjadi didahului dengan
penyerbukan. Penyerbukan adalah peristiwa jatuhnya kepala serbuk sari ke kepala
putik. Sedangkan bagi manusia, bunga dapat dimanfaatkan sebagai hiasan,
perlengkapan upacara adat, dan bahan rempah-rempah.
IV.
Metode
1. Ceramah
2. Diskusi
V. Media
1. Macam-macam
bunga
2. Gambar
sturtur bunga
VI.
Langkah
Pembelajaran
1. Kegiatan
Awal (5 Menit)
a. Guru
mempersiapkan fisik dan psikis agar peserta didik siap mengikuti kegiatan
belajar mengajar yang akan dilakukan.
b. Guru
mengabsen satu persatu peserta didik.
c. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
d. mengadakan
apersepsi yaitu dengan mengaitkan materi sekarang dengan materi yang telah di
bahas.
e. Guru
membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok.
2. Kegiatan
Inti (60 Menit)
a. Guru
meminta agar tiap peserta didik membaca materi sturuktur bunga dan fungsinya.
b. Setelah
itu, guru memberikan masing-masing kelompok lembar kerja dan satu kelompok dua
buah bunga.
c. Pada
diskusi ini tiap kelompok diminta untuk mengamati bunga yang diberikan oleh
guru yang kemudian akan diprsentasikan hasil diskusi mereka di depan kelas.
d. Masing-masing
kelompok juga diharuskan untuk menilai kelompok yang tampil di depan kelas.
e. Setelah
semua kelompok tampil di depan, tiap kelompok memberikan hasil diskusi mereka
serta penilaian terhadap teman mereka.
f. Setelah
itu guru menjelaskan kembali materi yang telah dipresentasikan oleh peserta
didik.
3. Kegiatan
Akhir
a. Guru
melakukan evaluasi kepada peserta didik.
b. Setelah
waktu dirasa cukup hasil evaluasi dikembalikan
kepada guru.
c. Guru
dan siswa menyimpulkan secara bersama-sama materi struktur bunga dan fungsinya.
VII.
Evaluasi
Prosedur : Post
test
Proses
Lembar Kerja Kelompok
Perhatikan dan
amatilah bunga yang telah disediakan, kemudian tuliskan hasil pengamatan
kalian.
1. Berilah
tanda ceklis (Ö
) pada tabel di bawah ini
no
|
nama bunga
|
bagian-bagian bunga
|
kelopak
|
mahkota
|
benang sari
|
putik
|
tangkai
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Jelaskanlah
masing-masing fungsi dari bagian-bagian tersebut!
3. Berilah
tanda ceklis (Ö
) pada tabel di bawah ini sesuai dengan jenis bunga.
no
|
nama
bunga
|
jenis bunga
|
jantan
|
betina
|
hermafrodit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. Berilah
empat fungsi bunga baik untuk tumbuhan maupun untuk manusia!
Penilaian Kelompok
no
|
nama
|
aspek
yang dinilai
|
Jumlah
Skor
|
ketepatan
pengamatan terhadap bagian-bagian bunga
|
ketepatan
menjelaskan fungsi bagian bunga dan fungsi bunga
|
ketepatan
mengklasifikasikan jenis bunga
|
kerja
sama
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Deskriptor soal
kelompok
1. Aspek
ketepatan pengamatan terhadap bagian-bagian bunga
a.
Skor 2, apabila siswa tepat mengamati semua
bagian-bagian bunga
b. Skor
1, apabila siswa kurang tepat mengamati bagian-bagian bunga, keliru ataupun
kurang teliti
2. Aspek
ketepatan menjelaskan fungsi bagian bunga dan fungsi bunga
a.
Skor 3, apabila siswa lancar dan lengkap dalam
menjelaskan fungsi bagian bunga dan fungsi bunga.
b. Skor
2, apabila siswa lancar dalam menjelaskan fungsi bagian bunga dan fungsi bunga
namun tidak lengkap
c.
Skor 3, apabila siswa tidak lancar dan kurang
lengkap dalam menjelaskan fungsi bagian bunga dan fungsi bunga
3. Aspek
ketepatan mengklasifikasi bunga
a.
Skor 2, apabila siswa tepat mengklasifikasikan
jenis bunga dengan benar.
b. Skor
1, apabila siswa kurang tepat dalam mengklasifikasi jenis bunga.
4. Aspek
kerja sama
a.
Skor 3, apabila semua anggota kelompok ikut
berpartisipasi dalam pengamatan dan presentasi.
b. Skor
2, apabila sebagian anggota kelompok yang ikut dalam berpartisipasi dalam
pengamatan dan berpresentasi
c.
Skor 1, apabila anggota kelompok tidak
bersemangat dalam penegrjaan pengamatan.
Soal Individu
Kerjakan soal di
bawah ini dengan tepat!
1. perhatikan
gambar di bawah ini
Dari gambar di
atas isilah soal dibawah ini!
a. Huruf P menunjukkan bagian bunga................ (
skor = 5)
b. Huruf
H menunjukkan bagian bunga................ ( skor = 5)
c. Huruf
D menunjukkan bagian bunga............... ( skor = 5)
d. Huruf
C menunjukkan bagian bunga............... ( skor = 5)
e. Huruf
B menunjukkan bagian bunga............... ( skor = 5)
2. Ani
memiliki empat buah bunga, ternyata setelah diamati bunga pertama tidak
memiliki
, kemudian pada bunga kedua tidak memiliki
sedangkan pada bunga ketiga sama dengan bunga pertama dan pada bunga ke empat, memiliki
kedua-duanya. Disebut apakah bunga ke-satu, bunga ke-dua , bunga ke-tiga, dan
bunga ke-empat ? ( skor = 25)
3. Jelaskan
fungsi dari bagian-bagian bunga! ( skor 30)
4. Berilah
lima contoh fungsi bunga bagi tumbuhan dan manusia! (skor 20)
Kunci jawaban
1. Huruf
P adalah bagian putik, huruf H adalah bagian benang sari atau serbuk sari,
huruf D adalah bagian mahkota bunga, huruf C adalah bagian kelopak, dan huruf B
adalah bagian tangkai bunga.
2. Bunga
ke-satu bunga jantan, bunga ke-dua bunga betina, bunga ke-tiga bunga jantan dan
bunga ke-empat bunga hermafrodit.
3. –
bagian putik bunga berfungsi sebagai
alat perkembangbiakan betina
pada bunga.
- bagian benang sari atau serbuk sari
berfungsi sebagai alat
Perkembangbiakan jantan pada bunga.
-bagian mahkota berfungsi sebagai
perhiasan bunga yang dapat
Menarik serangga guna membantu penyerbukan pada bunga,
- bagian kelopak berfungsi sebagai menutup
bunga saat masih kuncup
- bagian tangkai berfungsi sebagai
tempat kedudukan bunga itu sendiri.
4. Fungsi
bunga pada tumbuhan dan manusia adalah sebagai perhiasaan tumbuhan, sebagai
tempat perkembangbiakan secara generatif, bahan rempah-rempah, hiasan, dan
perlengkapan upacara adat.
Deskrpitor :
1. soal 1 memiliki skor 25
a. siswa mendapatkan skor 25 apabila
anak menyebutkan semua bagian bunga
b. siswa mendapatkan skor 20 apabila
anak menyebutkan empat bagian bunga.
c. siswa mendapatkan skor 15 apabila anak
menyebutkan tiga bagian bunga.
d.siswa
mendapatkan skor 15 apabila anak menyebutkan kurang dari tiga bagian bunga.
2. Soal no. 2
memiliki skor 25
a. Siswa
mendapatkan skor 25 apabila siswa bisa menjawab empat bunga dengan benar
b. Siswa
mendapatkan skor 20 apabila siswa bisa menjawab empat bunga tapi tertukar
posisi jawabannya.
c. Siswa
mendapatkan skor 15 apabila siswa hanya bisa menjawab
3 bunga dengan benar.
d. Siswa
mendapatkan skor 10 apabila siswa hanya bisa menjawab
3 bunga tapi posisi jawaban tertukar.
3. soal no.3 memiliki skor 30 :
a. Siswa
mendapatkan skor 30 apabila siswa bisa menjawab semua fungsi bagian bunga
dengan benar.
b. Siswa
mendapatkan skor 25 apabila siswa bisa menjawab semua fungsi bagian bunga namun
tertukar posisi jawaban
c. Siswa
mendapatkan skor 20 apabila siswa hanya bisa menjawab
3
fungsi bagian bunga dengan benar
d. Siswa
mendapatkan skor 20 apabila siswa hanya bisa menjawab
3
fungsi bagian bunga namun tertukar posisi jawaban.
4. Soal no. 4 memiliki skor 20 :
a. Siswa
mendapatkan skor 20 apabila siswa bisa memberikan 5 contoh fungsi bunga pada
tumbuhan dan manusia
b. Siswa
mendapatkan skor 15 apabila siswa bisa memberikan 4 contoh fungsi bunga pada
tumbuhan dan manusia
c. Siswa
mendapatkan skor 10 apabila siswa bisa memberikan 3 contoh fungsi bunga pada
tumbuhan dan manusia.
d. Siswa
mendapatkan skor5 apabila siswa bisa memberikan 1 contoh fungsi bunga pada
tumbuhan dan manusia
VIII.
Sumber
Haryanto.
(2007). Sains untuk Sekolah Dasar Kelas
IV. Jakarta: Penerbit Erlangga
Wahyono, Budi dan Nuracmandani, Setyo. (2008). Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD dan MI Kelas
IV. Bandung : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional