Rabu, 28 Desember 2011

Lapisan Bumi

Bumi merupakan planet ke-3 yang terdekat dari matahari. Planet ini merupan planet yang "pas" untuk menjadi tempat hidup mahluk hidup. hal ini didukung oleh lapisan-lapiasn bumi yang mendukung untuk menjadi tempat tumbuh dan berkembangnya mahluk hidup. bagian-bagian atau lapsan-lapisan yang mennyelimuti bumu yaitu : kerak bumi, mantel luar, mantel dalam, inti luar serta inti dalam.
1. Inti Bumi
Inti bumi merupakan bagian terdalam dari bumi. Inti bumi tersusun dari bahan-bahan yang mapat. Bahan-bahan sebagian besar komponennya (sekitar 80 %) merupakan campuran dari nikel dan besi serta unsur-unsur lainnya yang lebih ringan. selanjutnya para ahli mengemukakan bahwa inti bumi terbagi menjadi dua bagian yaitu inti dalam dan inti luar. Inti dalam bumi tidak bersifat magnet karena terlalu panas. hal ini sejalan dengan sifat magnet, bahwa kemagnetan suatu benda akan hilang apabila terus dipukul-pukul atau dibakar. Sebaliknya inti luar bumi dapat bersifat kemagnetan, karena suhunya lebih rendah. Oleh sebab itu inti bumi berfungsi menstabilkan bumi dari pengaruh kemagnetan yang ditimbulkan oleh inti luar bumi. hasil dari suatu penelitian oleh para ahli dapat diketahui bahwa inti bumi dapat berotasi dengan kelajuan 0,3derajat- 0,5 derajat relatif terhadap rotasi yang dilakukan oleh permukaan bumi. 
2. Mantel Bumi 
Istilah mantel yang ada dalam bumi merupakan lapisan yang terletak antara kerak bumi dan inti bumi. Bahan penyusun lapisan mantel ini sebagian besar besi silikat dan magnesium.Para ahli membagi lapisan mantel menjadi dua bagian yaitu mantel dalam dan mantel luar. Mantel dalam berada pada kedalaman 2200 km, sedangkan mantel luar terdapat pada kedalaman 600 km dari permukaan bumi. menurut para ahli tekanan pada bagian bawah mantel mencapai 1,4 juta atmosfer. Hal ini menyebabkan bahan-bahan silikat yang menyusun bagian ini akan mengalami konveksi dalam jangka waktu sangat panjang. Gejala ini akan muncul pada saat pergerakan lempengan tektonik.
3. Kerak Bumi
Kerak bumi merupakan lapisan paling atas dari bumi dengan ketebalan bervariasi mulai dari 7 km sampai dengan 70 km dengan kerapatan 3,3 g / cm3. Kerak bumi yang tipis merupakan kerak bumi samudera sedangkan kerak yang tebal merupakan kerak benua. Kerak samudera tersusun oleh batuan silikat besi dan magnesium, sedangkan kerak benua tersusun oleh silikat natrium, kalium, almunium. sampai kedalaman 100 km, lapisan kerak bumi dan lapisan bawahnya yang merupakan bagian teratas dari selubung adalah lapisan litosfir. 
4. Atmosfir 
Lapisan atmosfir tersusun dari campuran berbagai macam gas, debu, serta uap air. Gas-gas penyusun atmosfir antara lain nitrogen, oksigen, karbon dioksida, argon, serta gas-gas lainnya. Lapisan atmosfir  terdapat pada ketinggian 0 km di atas permukaan bumi dan 800 km di atas permukaan bumi. Lapisan atmosfir memiliki peranan sebagai penjaga kestabilan suhu pada waktu siang dan malam hari

daftar pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar